Adipati Mertadiredja I Pemilik Naskah Babad Banyumas Mertadiredjan

February 7, 2022 ·

Gerbang “Pesarean Keluarga Mertadiredjan Kalibogor”. Makam keluarga Adipati Mertadiredja yang dibangun oleh Adipati Mertadiredja II, pendiri dan bupati pertama Kabupaten Purwokerto.

Ada banyak naskah Babad Banyumas, namun saya hanya menerjemahkan dua naskah saja. Babad Banyumas Mertadiredjan dan Babad Banyumas Wirjaatmadjan.

Menurut saya, untuk masyarakat awam membaca dua babad itu sudah cukup mewakili. Kedua babad tersebut seolah saling melengkapi.

Babad Banyumas Mertadiredjan berbentuk tembang atau puisi, sementara Babad Banyumas Wirjaatmadjan berbentuk gancaran atau prosa.

Babad Banyumas Mertadiredjan mengisahkan leluhur Banyumas dari Nabi Adam sampai keturunan Bupati Banyumas. Babad Banyumas Wirjaatmadjan mengisahkan keadaan Banyumas sejak masa penjajahan Belanda hingga menjelang Indonesia merdeka.

Setelah membaca kedua babad itu, saya tertarik menelusuri jejaknya. Jejak penulis dan pemilik naskahnya. Yakni Raden Mertadiredja dan Raden Wirjaatmadja.

Babad Banyumas Mertadiredjan aslinya milik keluarga Adipati Banyumas, Mertadiredjan. Diperkirakan ditulis pada masa awal Adipati Mertadiredja I menjadi Wedana Bupati Kanoman Banyumas, kisaran tahun 1816 sampai tahun 1824. Namun penulisnya tidak diketahui.

Naskah itu kemudian dikenal ketika menjadi milik cucunya, Adipati Mertadiredja III, yang Bupati Banyumas pada tahun 1879-1913.

Sang kakek, Adipati Mertadiredja I adalah cucu Bupati Banyumas kesembilan, Tumenggung Yudanegara III, dari anak yang bernama Raden Mertawijaya. Raden Mertawijaya adalah Ngabehi Singasari yang bertempat tinggal di Kedungrandu, Patikraja. Raden Mertawijaya meninggal dunia ketika sang anak masih kecil.

Dari kecil, Mertadiredja I sudah mondok di pesantren Krakal, Kebumen. Setelah remaja mengabdi di Keraton Surakarta. Secara berjenjang kemudian mendapatkan jabatan dalam pemerintahan. Sampai akhirnya diangkat menjadi Wedana Bupati Kanoman Banyumas. Mertadiredja I meninggal pada 23 September 1830, dimakamkan di Kebutuh, Sokaraja.

Meskipun trah Adipati Mrapat, namun Mertadiredja I tidak dimakamkan di Astana Dawuhan. Hal yang sebenarnya ganjil, karena Astana Redi Bendungan Dawuhan adalah makam para bupati Banyumas.

Konon, hal itu terjadi karena adanya persaingan antara Wedana Bupati Kasepuhan dan Wedana Kanoman Banyumas. Wedana Bupati Kasepuhan seolah memiliki hak atas makam Dawuhan, hingga Bupati Kasepuhan dimakamkan di Dawuhan. Sementara Wedana Kanoman Banyumas tersingkir dari makam yang dibangun oleh leluhur mereka.

Maka, meskipun Mertadiredja I meninggal di kota Banyumas, namun dimakamkan di Kebutuh, Sokaraja. Padahal dari kota Banyumas ke makam Dawuhan tinggal ke barat sedikit. Lebih jauh ke Sokaraja karena harus ke utura dengan jalan mendaki menanjak di sepanjang Kaliori sampai Kalibagor.

Kelak, anaknya, Mertadiredja II, juga tidak dimakamkan di Dawuhan. Melainkan membangun makam sendiri di Kalibogor, Purwokerto. Mertadiredja II adalah ayah dari Mertadiredja III, yang dikenal sebagai pendiri kota Purwokerto.

Setelah mengetahui kakek dan ayahnya, saya kemudian menelusuri jejak sejarah Mertadiredja III. Sosok yang menjadi pewaris Babad Banyumas Mertadiredjan.

Setelah Belanda menjajah Banyumas pada 1831, Wedana Bupati Kasepuhan dan Kanoman Banyumas dihapuskan. Sebelumnya, Adipati Mertadiredja III diangkat menjadi Bupati Purwokerto pada tahun 1860, menggantikan ayahnya sang pendiri kota Purwokerto, Mertadiredja II. Namun kemudian dipindah menjadi Bupati Banyumas pada tahun 1879.

Menjelang pensiun, pada tahun 1901, Mertadiredja III membangun rumah pribadi di sebelah timur Kabupaten. Rumah dengan tanah seluas 432 ubin, atau 6.000 meter, yang sekarang dikenal sebadan Dalem Pangeranan.

Di Dalem Pangeranan itulah Babad Banyumas Mertadiredjan tersimpan sekian lama. Sampai kemudian pada tahun 1904 disalin oleh Raden Natahamijaya, Carik Jaksa Magetan, atas perintah Asisten Residen Magetan, J. Knebel. Naskah yang kemudian dikenal sebagai “Tedhakan Serat Babad Banyumas” dan menjadi koleksi Museum Batavia.

Mertadiredja III meninggal pada 19 Maret 1927, setelah menjadi bupati selama 53 tahun. Sama seperti kakeknya, walaupun meninggal di kota Banyumas, sang bupati juga tidak dimakamkan di Dawuhan. Melainkan dimakamkan bersama ayahnya, Mertadiredja II, di Pesareyan Keluarga Meradiredjan, Kalibogor, Purwokerto.

Kategori:Mertadiredjan
SEUWISE

Nabi Adam dalam Babad Banyumas Mertadiredjan

“Babad Banyumas Mertadiredjan” mengawali penuturannya dengan mencatat silsilah dinasti Banyumas yang berujung pada Nabi Adam. Bahwa dari Nabi Adam menurunkan banyak nabi dan dewa, salah satunya adalah Nabi Sis dan Sang Hyang Sis. Keturunan Sang Hyang Sis lah yang kemudian…
WACA
SEDURUNGE

Babad Banyumas Mertadiredjan

“Serat Babad Banyumas Mertadiredjan” adalah salah satu versi naskah Babad Banyumas. Disebut “Babad Banyumas Mertadiredjan” karena naskah aslinya milik Adipati Mertadiredja I, Wedana Bupati Kanoman Banyumas, yang kemungkinan ditulis pada masa pemerintahannya, kisaran tahun 1916 sampai 1824. Naskah itu kemudian…
WACA
LIYANE

Kaiman, Sang Pendiri Banyumas

Raden Jaka Kaiman adalah pendiri Kabupaten Banyumas. Namun, tidak banyak yang mengetahui kisah perjuangannya. Perjalanan hidup dari seorang bangsawan kemudian menjadi anak yatim piatu. Hidup menumpang sebagai penggembala kerbau. Diasuh tukang pembuat warangka keris sampai menjadi pelayan di kadipaten. Kemudian…
WACA
LIYANE

Sejarah Banyumas

Setelah terbit dua buku Babad Banyumas, yakni “Babad Banyumas Mertadiredjan” dan “Babad Banyumas Wirjaatmadjan”, kemudian Penerbit terpikir untuk menggabungkannya. Namun, bukan digabung dalam satu buku lengkap dengan Bahasa Jawanya. Melainkan hanya terjemah dalam Bahasa Indonesianya saja. Mengapa demikian? Karena tidak…
WACA
LIYANE

Sang Pendekar

  Serial Bacaan Babad Banyumas untuk Siswa SD Kelas 1 - 3.      
WACA
LIYANE

Dari Penangsang Ke Babad Banyumas

Kok bisa habis nulis novel Penangsang kemudian belok ke Babad Banyumas? Padahal novel Penangsang setting-nya pusat kekuasan Jawa, dari Demak sampai Pajang, sesuatu yang saya suka pelajari konfliknya. Sementara Babad Banyumas hanyalah kisah dari pinggiran, yang konfliknya tidak akan mempengaruhi…
WACA

KOMENTAR

Babad Banyumas - Rujukan Utama Sejarah Banyumas.