Pertemuan Dua Sungai dalam Plesiran Babad Banyumas

March 31, 2022 ·

Ilustrasi sosok Raden Jaka Kaiman atau Adipati Mrapat karya pelukis Banyumas yang sekarang terpasang di bekas gedung kabupaten Banyumas.

“Kacariyos Ki Dipati Mrapat boten kersa dedalem ing Wirasaba. Kersanipun bade dedalem ing pasiten telatah dusun Kejawar. Wonten ing pinggiripun kidul lepen Serayu, kaprenah saeler kilenipun dusun Kejawar. Kaleres wetanipun celak kaliyan tempuripun lepen Pasingganan lan lepen Serayu.”

“Dikisahkan Adipati Mrapat tidak mau bertempat tinggal di Wirasaba. Berkeinginan membangun tempat yang baru di wilayah desa Kejawar. Berada di pinggir selatan Sungai Serayu, di sebelah barat laut desa Kejawar. Tepat di sebelah timurnya adalah pertemuan Sungai Pasinggangan dan Sungai Banyumas.”

Begitulah keterangan tentang tempat yang akan dijadikan pusat kota Banyumas seperti yang tercatat dalam Babad Banyumas Wirjaatmadjan.

Pertama, berada di sebelah selatan Sungai Serayu. Kedua, di sebelah barat laut desa Kejawar. Ketiga, pada pertemuan dua sungai, Sungai Pasinggangan dan Sungai Banyumas.

Dalam keyakinan masyarakat Jawa, pertemuan dua sungai adalah tempat yang magis dan mengandung kekeramatan. Mungkin karena itu juga tempat yang dipilih sebagai pusat pemerintahan Banyumas berada pada pertemuan dua sungai.

Maka, dalam cerita rakyat kemudian dikisahkan Adipati Mrapat pun mencari tempat yang sesuai dengan petunjuk itu.

Tempat bekas pesanggrahan Adipati Mrapat sekarang menjadi sebuah kampung bernama Pesanggrahan. Terletak di selatan desa Kedunguter, Banyumas.

Bahwa setelah rombongan dari Wirasaba mendarat di Kedunguter kemudian membangun pesanggrahan. Setelah itu lalu berkunjung ke Kejawar, meminta doa restu pada kedua orang tua asuhnya, Kyai Mranggi dan Nyai Mranggi. Kelak, dalam Babad Banyumas Mertadiredjan dicatat bahwa merekalah yang menyediakan kebutuhan makan bagi para pekerja yang membangun kota barunya.

“Samana kang asung bukti, Kyai Mranggi ing Kejawar, asung boga sadinane, mring wadya kang nambut karya….”

“Ketika itu yang membantu adalah Kyai Mranggi Kejawar, mengirimkan makanan setiap harinya, untuk makan para pekerja yang sedang bekerja….”

Setelah dari Kejawar kemudian sang adipati menyisir rawa Tembelang, berjalan di tepiannya, hingga akhirnya menemukan Sungai Banyumas. Lalu berjalan mengikuti aliran sungai yang mengarah ke tenggara, kemudian berbelok ke barat laut. Diikuti terus hingga ke arah barat, sampai bertemulah dengan sungai yang lebih besar, yaitu Sungai Pasinggangan.

Pada pertemuan dua sungai itulah kemudian Adipati Mrapat membangun pusat pemerintahannya. Sebuah kota baru yang dibangun di tempat yang baru.

“Kota yang dibangun oleh Adipati Mrapat diperkirakan meliputi daerah yang dikelilingi Sungai Pasinggangan di sebelah selatan, Sungai Banyumas di sebelah tenggara, timur, dan utara, serta Sungai Perwaton di sebelah barat.”

Begitu keterangan letak kota Banyumas yang saya baca dalam buku “Sejarah Kota Banyumas” karya Prof. Dr. Sugeng Priyadi, M.Hum. Sebuah perkiraan yang didasarkan pada keberadaan makam-makam yang masih ditemukan sekarang, yang bisa menjadi penanda bahwa dulunya adalah sebuah perkampungan kuna.

Buku “Sejarah Kota Banyumas (1571 Hingga Kini)” yang bisa menjadi sumber utama memahami sejarah kota Banyumas secara lengkap.

Sungai Banyumas adalah sungai yang bermata air dari Sumur Mas. Mengalir ke arah tenggara, melewati jalan depan Masjid Agung Nur Sulaiman sekarang. Kemudian ke arah jalan desa Pakunden di sebelah selatan Kaligawe, lalu berbelok ke barat laut di dusun Karangturi. Hingga bertemulah dengan Sungai Pasinggangan di tempat yang sekarang masuk wilayah desa Pakunden bagian barat.

Letak pertemuan tersebut ada pada sebuah kelokan sungai Pasinggangan yang mengalir ke utara. Sekarang tempat itu berada di belakang rumah penduduk. Namun bekas aliran sungai Banyumas sudah tidak ada, tertutup tanah dan menjadi pemukiman yang padat.

Keberadaan pertemuan dua sungai tersebut sudah tidak ada bekasnya. Hanya menyisakan sungai Pasinggangan yang mengalir ke utara. Namun, karena Sungai Banyumas yang asli sudah hilang, orang justru mengenali Sungai Banyumas adalah aliran sungai setelah pertemuan sungai tersebut. Hingga sungai Pasingganan yang lebih besar justru menjadi anak Sungai Banyumas.

Kategori:Plesiran
SEUWISE

Pohon Tembaga dalam Plesiran Babad Banyumas

Petunjuk utama adalah pohon Tembaga. Petunjuk tentang tempat di mana Adipati Mrapat harus mendirikan ibu kota Kabupaten Banyumas. “Yen sirarsa widada, ing kawibawanireku, amengkoni Wirasaba, sira ngaliha nagari, saking bumi Wirasaba, sira manggona ing kulon, ing tanah bumi Kejawar, prenah…
WACA
SEDURUNGE

Mengenang Rawa Tembelang dalam Plesiran Babad Banyumas

Ibu kota Banyumas baru yang dibangun Tumenggung Yudanegara II berada pada sebuah situs lama peninggalan Kabupaten Selarong. Konon tempat itu pada jaman dulunya adalah sebuah puncak dari gunung purba di bawah laut. Setelah tidak aktif lagi kemudian mengeluarkan mata air…
WACA
LIYANE

Bale Pustaka, Tempat Tepat Bahas Babad Banyumas

Setelah mendapatkan buku Babad Banyumas, baik yang versi tembang (puisi) maupun versi gancaran (prosa), saya kemudian terpikir menerjemahkannya. Babad Banyumas ditulis dalam huruf Jawa, sementara generasi muda sekarang sudah tidak bisa baca aksara Jawa. Bahkan mereka pun sudah kurang akrab…
WACA
LIYANE

Membidik Baribin Membedah Wirasaba

Awalnya, buku ini ditulis dan dirancang sebagai paket lanjutan bagi para pembaca Babad Banyumas. Agar yang sudah membaca babadnya mendapat wawasan baru dari kisah yang sudah dibacanya. Namun, setelah jadi, ternyata bisa juga dibaca oleh mereka yang belum membaca Babad…
WACA
LIYANE

Jejak Sejarah Trah Banyumas

Awalnya, buku ini ditulis dan dirancang sebagai paket lanjutan bagi para pembaca Babad Banyumas. Agar yang sudah membaca babadnya mendapat wawasan baru dari kisah yang sudah dibacanya. Namun, setelah jadi, ternyata bisa juga dibaca oleh mereka yang belum membaca Babad…
WACA
LIYANE

Cerita Rakyat Babad Banyumas

Membaca buku ini seperti didongengi cerita rakyat yang sudah melegenda di wilayah Banyumas. Mulai dari kisah leluhur Banyumas, Raden Putra, hingga cerita pendiri Banyumas, Raden Jaka Kaiman. Juga peristiwa naas Bale Malang yang menjadi sebab Raden Jaka Kaiman diangkat menjadi…
WACA

KOMENTAR

Babad Banyumas - Rujukan Utama Sejarah Banyumas.